top of page
Writer's picturebukanplanetkita

5 Perilaku Bijak Ketika Berada di Hutan

Updated: May 26, 2019


wix gallery

Ternyata nih guys, kita juga harus berperilaku bijak ketika berada di hutan. Kira-kira apa aja yaa perilaku di hutan yang bisa dianggap bijak? Kuy simak sampe abis yaa..


  1. Tidak mencoret-coret batang pohon ataupun bebatuan di hutan, karena hal tersebut bisa merusak keindahan hutan sekaligus juga menyakiti pohon. Kalian juga gamau kan disakitin? Nah begitu juga dengan pohon. Tindakan mencoret-coret pohon bisa menutupi stomata (mulut daun) yang merupakan tempat keluar masuknya CO2 dan O2, hal itu akan berakibat fatal guys karena pertukaran udara dari sel tumbuhan ke lingkungan akan terganggu. Nah guys, jangan berani-berani nyakitin pohon yaa, terutama buat kalian para pendaki gunung yang katanya cinta sama alam, sayangi setiap pohon yang kalian temui ketika mendaki.

  2. Kalo kamu mau berkemah di hutan, gunakan tempat yang udah tersedia aja ya, misalnya bagian hutan yang agak lapang dan datar. Nah kalian nggak perlu nebang pohon, semak perdu, ataupun pohon kecil karena nunggu pohon tumbuh itu nggak kayak masak indomie. Begitu pun kalo kalian mau membuat api unggun, pakailah ranting-ranting atau daun-daun kering yang patah tumbuh yang hilang berganti, eh maksudnya ranting dan daun yang udah patah dan jatuh di tanah. Setelah itu jangan lupa padamkan api unggun kalo udah selesai. Pastikan benar-benar padam untuk menghindari kebakaran hutan. Dan jangan lupa bersihkan tempat bekas api unggun tersebut.

  3. Tidak meninggalkan sampah, terutama sampah plastik karena sampah plastik butuh waktu ratusan tahun buat terurai secara alami. Tapi apapun jenis sampahnya jangan ditinggalin ya guys, bawa sampahnya kemanapun kalian pergi sampai kalian nemu tempat sampah, oke? Dan lebih bagus lagi kalo kalian nemu sampah di hutan, diambil.

  4. Tidak melukai, menangkap, atau membunuh hewan penghuni hutan karena hal tersebut bisa mengganggu keseimbangan ekosistem hutan, terlepas apakah hewan langka yang dilindungi ataupun bukan.

  5. Tidak membawa pulang tumbuhan atau hewan dari hutan. Nah kalian nggak perlu yaa nangkep anak harimau buat oleh-oleh saudara karena hal tersebut juga bisa merusak ekosistem hutan. Simpanlah kenangan manis kamu selama berkemah di hutan di dalam foto dan video, terus upload deh ke instagram.


Nah kelima sikap bijak di atas keliatan sederhana dan simpel kan ya guys? Tapi dampaknya besar banget buat kelestarian hutan. Dengan berperilaku bijak seperti ini, kita sudah membuktikan bahwa kita mampu menikmati alam tanpa menyakitinya. So, jangan sekali-kali nyakitin bumi ini ya karena bumi ini bukan planet kita.



Ditulis oleh

Wahyu Dyah Safitri

15 views0 comments

Comentários


bottom of page